5 Cara Agar Anak Tidak Kecanduan Bermain Gim

5 Cara Agar Anak Tidak Kecanduan Bermain Gim

Selasa, 25 Juni 2019

LIFESTYLE, KORANBANJAR.NET -  Anak umur 3 tahun saja sudah mengenal namanya gim pada smartphone, sehingga para orang tua kadang bingung bagaimana caranya untuk menghentikan agar tidak kecanduan bermain gim. Saat ini semua smartphone menawarkan wahana bermain gim tersebut, bahkan tidak tanggung-tanggung ada produsen smartphone yang mengkhususkan produk mereka untuk bermain gim. Agar anak tidak terlalu candu, tentu ada beberapa tips yang perlu dilakukan, berikut caranya :



1. Perhatian Mereka Dialihkan


Ini sangat penting, perhatian mereka di gim harus dialihkan, seperti dengan mengadakan bermain bersama di taman bermain atau sekadar olahraga ringan hingga bermain masak-masakan. Selain itu, kalian bisa mengalihkan mereka dengan memberikan tugas ringan berhadiah.

2. Buat Jadwal Mereka Bermain Gim


Tidak salahnya kalian para orangtua mencoba menjadwalkan mereka dalam bermain gim, karena ini bisa menjadi jalan mereka tidak terlalu kecanduan gim. Bisa kalian buat jadwal sehari satu jam saja bermain gim.

3. Buat Kata Sandi di Smartphone


Setelah membuat jadwal mereka bermain gim, kalian bisa mengunci smartphone dengan kata sandi yang tidak diketahui oleh anak. Kalau mereka tahu ya tentunya tips ini percuma untuk dilakukan.

4. Bersikap tegas


Tegas pada anak tidak ada salahnya, ini menandakan kalian sayang pada anak. Tentu tindakan ini tidak diiringi kekerasan pada anak. Para orang tua bisa tegas seperti pada jadwal bermain gim yang sudah ditentukan.


5. Membatasi Aplikasi Game Di Smartphone


Tidak semua gim harus dimainkan oleh anak kalian, google play juga memberikan batasan umur saat memainkan game tersebut. Jangan berikan gim yang menjurus kekerasan, apalagi teruntuk anak yang masih 7 tahun. Hindari pemasangan gim berlebihan agar mereka tidak banyak waktu untuk bermain gim lainnya.

Nah itulah beberapa cara agar anak tidak kecanduan bermain gim, semoga tips cara ini berguna bagi para orang tua yang susah mengendalikan kecanduan anak-anak mereka.

Penulis : Ardiansyah
Foto :Kaku Nguyen