Riset Membuktikan, Berhubungan Intim Sekali Seminggu Bisa Memperpanjang Usia

Riset Membuktikan, Berhubungan Intim Sekali Seminggu Bisa Memperpanjang Usia

Senin, 10 Juni 2019

LIFESTYLE, KORANBANJAR.NET - Dari berbagai penelitian, banyak sekali manfaat dari aktifitas berhubungan intim.  Misalnya, dapat mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, menurunkan tekanan darah dan lain-lain. Jadi, berhubungan intim tidak melulu soal kenikmatan seks saja.


Selain beberapa manfaat berhubungan intim di atas, riset membuktikan hubungan intim, setidaknya sekali seminggu, dapat membantu dalam memperpanjang usia.

Berhubungan Intim
Foto: Ilustrasi
Dilansir dari kompas.com, temuan luar biasa tersebut dilakukan oleh peneliti dari University of California, San Francisco. Mereka melakukan penelitian kepada 129 wanita yang telah menikah dan memiliki anak.

Ada tiga hal yang mereka lakukan kepada peserta. Yakni, melakukan riset tentang kepuasan selama hubungan intim, frekuensi berhubungan seks, dan mengambil sampel darah dari para wanita untuk menganalisis sel sebagai indikator penuaan.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa melakukan hubungan seksual dengan pasangan setidaknya sekali dalam seminggu memiliki telomer yang lebih panjang. Telomer adalah tutup pelindung DNA yang menentukan umur sel.

Menurut para peneliti, telomer ini seiring waktu dapat rusak karena pola makan yang buruk, konsumsi alkohol, dan penuaan. Menariknya, hasil riset membuktikan hubungan seks yang teratur justru dapat memperbaiki dan memperpanjang telomer.

Dengan kata lain, ini berarti sel hidup lebih lama dan membantu kita lebih awet muda. Para peneliti mengatakan, telomer yang lebih pendek meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Sebaliknya, telomer yang lebih panjang dapat membantu mencegah penyakit. Namun, riset ini masih dilakukan dalam skala kecil. Jadi, perlu penelitian lebih lanjut agar didapatkan bukti lebih akurat. (har)